Minggu, 19 Desember 2010

Resensi ISI: oleh Andi Gunawan

Fiksi cinta atau roman selalu berformula klasik yang hampir sama. Dua insan jatuh hati. Romantisme kasmaran. Kekecewaan mendalam. Sama tak pernah salah. Persoalannya adalah bagaimana mengemas hal yang serupa dengan sentuhan berbeda. Ini yang saya temukan saat membaca ISI. Dee Dee Sabrina mengemas kisah-kisahnya dalam balutan ketegasan pemilihan kata. Berani dan berapi-api di beberapa tempat. Ini menunjukkan semangat yang luar biasa dalam proses kreatifnya.

Keputusan penulis mengemas cerita-ceritanya dalam empat konsep yang berbeda inimenjadi pembeda sekaligus daya tarik tersendiri. Pembagian: Monolog-Dialog, Flash Fiction, Cerita Cerita Pendek, dan Tetralogi Roman yang diramu Dee adalah sebuah jalan keluar dari kebosanan bacaan fiksi yang semakin hari semakin seragam.

ISI benar-benar berisi, bernas dan segar. Representasi kaum muda yang tak biasa. Karakter-karakternya terbangun kuat. Selipan-selipan isu di tiap ceritanya terasa "dekat". Satir tapi tetap membumi. Untuk ukuran bayi yang baru lahir, bobotnya cukup ideal.



(Andi Gunawan - Penulis Buku "Kejutan!" )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar