Minggu, 19 Desember 2010

Tips Menulis Fiksi Pendek

Beberapa hari yang lalu seorang kawan bertanya apakah saya bersedia diwawancarai terkait memberi tips untuk menulis fiksi pendek, seperti di cerita-cerita yang banyak saya ikutsertakan dalam ISI. Awalnya saya terdiam dan sedikit tidak percaya, ada rasa rendah diri yang menghantui saya dan berujar, apa saya pantas memberi tips bagi orang lain jika kualitas saya sebagai penulis pun belum pernah benar-benar terbukti. Tapi akhirnya saya menerima tawaran ini.

Proses wawancara sangatlah mudah. Melalui kotak digital dalam dunia virtual. Daeng Anto, begitu saya memanggil kawan tersebut, memberikan beberapa pertanyaan dan tugas saya hanyalah menjawab. Sesuai dengan  apa yang saya praktekkan dalam menulis tentunya. Dan Minggu siang kemarin saya menerima link yang dikirimkan beliau, ternyata tulisan tentang wawancara tersebut sudahpun di-posting ke dalam blog-nya.

Saya tidak tahu apakah teori dan teknik yang saya pakai dalam menulis adalah sudah benar, tapi ada baiknya anda coba membaca artikel dari Daeng Anto. Agar setidaknya jika teori yang saya jabarkan di sana terbukti tidak efektif, anda bisa belajar dari kesalahan saya.


Selamat membaca dan berkomentar!


Dee Dee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar